Ikan Cupang Crown Tail (Serit) asli dari Indonesia

Ikan Cupang Crown Tail (Serit) asli dari Indonesia

Ikan Cupang terbagi menjadi dua kelompok, yakni ikan Cupang hias untuk dipelihara dan ikan Cupang aduan. Tak jarang, masyarakat Indonesia memelihara ikan Cupang untuk aduan dan bertarung dengan ikan Cupang lainnya. Walaupun memiliki bentuk yang sama indahnya, Cupang aduan lebih agresif dan seringkali bertarung untuk menunjukkan siapa yang lebih kuat di antara mereka.

Habitat asli ikan Cupang tersebar di wilayah Asia Tenggara meliputi Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Kamboja. Ikan ini bisa ditemukan di rawa-rawa, danau, lubuk sawah, dan selokan yang airnya menggenang.

 Ikan Cupang Crown Tail (Serit) asli dari Indonesia



Ikan Cupang jenis ini dinamai demikian karena memiliki ekor yang menyerupai mahkota ketika dibalik menghadap ke atas. Ikan Cupang satu ini adalah asli dari Indonesia, dikembangbiakkan oleh para breeder di daerah Slipi Jakarta. Jenis ikan Cupang serit memiliki banyak varian. Ada yang seritnya tunggal, di mana dalam setiap serit hanya terdapat satu tulang sirip. Ada juga yang berserit dua atau serit ganda. Keindahan ikan Cupang serit sudah diakui dunia dan dipertandingkan di International Betta Congress (IBC).

baca juga tentang jenis-jenis ikan cupang  pastinya akan sangst bermanfaat sekali












Komentar

Postingan populer dari blog ini

ikan cupang Plakat (Petarung) si kekar yang sangar

Mengenal jenis ikan cupang